Bukan Merauke, bukan pula Pulau Rote. Ialah Keerom, serambi NKRI di ujung timur. Kabupaten yang berpenduduk 53.003 jiwa tersebut merupakan kabupaten dan kota di Provinsi Papua yang berbatasan dengan negara tetangga Papua Nugini (PNG).
Pabeno B. Lambaran (Kepala Badan Wilayah Perbatasan Kabupaten Keerom) menuturkan, ada lima di antara sebelas distrik kecamatan di wilayah Keerom berbatasan dengan PNG. Pabeno mengatakan, kampung-kampung yang berbatasan langsung dengan PNG, masih tertinggal dibandingkan dengan kampung lainnya. Kampung-kampung tersebut juga sangat jauh. Itulah yang menjadi kendala dalam mendorong pembangunan di sana. (Jawa Pos).
Kegiatan pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu kegiatan yang efektif dalam rangka memandirikan dan memberdayakan masyarakat di sana. Sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, maka salah satu tempat strategis dalam upaya pemberdayaan masyarakat adalah masjid dan tempat pendidikan Islam. Dengan demikian akan banyak sumber dana dari Mukhsinin yang akan masuk. Masjid dan tempat pendidikan Islam mempunyai kegiatan yang berorientasikan kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar, baik sejahtera dalam keilmuan, religi, sosial dan perekonomian. Untuk menjalankan kegiatannya, masjid dan sekolah islam harus memiliki unit usaha agar pendanaannya bisa dijalankan secara mandiri. Berdasarkan hal itu, Laznas Al-Irsyad mempunyai strategi untuk membangun unit usaha berupa Depot air minum isi ulang yang akan dikelola oleh Masyarakat Binaan AlIrsyad dan Sekolah Islam Al-Irsyad, salah satunya di Kabupaen Keerom.
Tidak dapat dipungkiri bahwa air bersih merupakan kebutuhan utama dari manusia untuk kelangsungan hidupnya, kebutuhan air minum yang sehat dan layak dikonsumsi merupakan suatu peluang usaha bagi usaha pengisisan air minum bermineral di masa kini. Hal ini ditandai dengan makin banyaknya usaha sejenis yang bermunculan menunjukkan prospek yang cerah bagi perusahaan pengelola air ini untuk lebih maju dan berkembang. Karena dewasa ini hampir seluruh masyarakat baik yang hidup di kota ataupun di desa sudah banyak yang mengkonsumsi produk air minum untuk memenuhi kebutuhannya akan minuman yang sehat dan bermineral.
Akhir-akhir ini di masyarakat banyak terdapat depot air minum isi ulang yang menawarkan jasa pada konsumen untuk mengisi air mineral dalam galon. Harga yang ditawarkan oleh depot air minum isi ulang ini relatif murah jika dibandingkan dengan membeli air isi ulang di agen-agen resmi perusahaan air minum dalam kemasan, selain itu air yang biasa dikonsumsi adalah air minum isi ulang karena praktis, higienis, harganya yang terjangkau, mudah didapatkan dan sifatnya yang tahan lama.
Dengan berdirinya wakaf usaha Depot Air minum, diharapkan akan menjadi mesin penghasil profit bagi masyarakat yang diamanahi wakaf tersebut.
Layanan Perbankan Wakaf Usaha Air Minum :
Rp. 40.00.000,- per depot.
No. Rek. : BSM 715 725 735 2 (an. Laznas Al Irsyad).