Perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya relawan Laz Al Irsyad tiba di kamp pengungsian muslim Rohingya di Bangladesh. Sampai di sana, kami melakukan assesment dan survey langsung di lokasi. “Sejauh mata memandang ada Sekitar 800.000 pengungsi yang tinggal sementara di beberapa titik seperti perbukitan Balukhali, Gundum, kutupalong dan Ukhia dengan kondisi yang sangat memprihatinkan. Berteduh dari terik panas dan hujan dengan tempat ala kadarnya, yang penting dapat digunakan untuk berlindung sementara, yang lebih miris lagi banyak dijumpai dari mereka lansia, anak-anak dan bayi yang tinggal dalam kondisi tersebut” ujar Samsul Bahri (relawan Laz Al Irsyad).

Perjuangan untuk membantu mereka semakin terasa setelah mendapatkan ijin dari pemerintah setempat. Pada tahap kedua yang berpusat di Balokhali Cox’s Bazar ini insyaAllah akan dibangun 160 shelter dan 15 toilet komunal. Adapun dalam pengerjaannya, kami merangkul Non-Governmental Organization (NGO) lokal yaitu Allama Fazlullah Fondation dari Chitagong.

Mohon do’anya dari saudara/i muslim di Indonesia. Semoga penyaluran bantuan Laz Al Irsyad berjalan lancar dan sesuai yang direncanakan.