Cirebon—Pertengahan tahun 2021 lalu Laznas Al-Irsyad Cirebon mendapat sumbangan/hibah program CSR (Corporate Social Responsibility) dari PT Bias Drillindo Utama di Jakarta. Sejak serah terima ambulans tersebut langsung cepat tanggap memberikan layanan pertolongan kesehatan kepada warga di daerah sekitarnya.

“Alhamdulillah kami dapat bantuan mobil ambulans dan langsung kami manfaatkan untuk melayani warga yang membutuhkannya,” ujar Ketua Laznas Al-Irsyad Cirebon Luthfan Basalamah. Ambulans ini, katanya, memiliki multifungsi, yaitu sebagai mobil pengantar jenazah dan pertolongan orang sakit yang memerlukan transportasi ke rumah sakit untuk kecepatan penanganan kesehatan.

Menurut Luthfan, rata-rata sepekan ada dua kali warga memanfaatkan ambulans ini. “Beberapa hari lalu ada keluarga besar Al-Irsyad yang terkena musibah yaitu Pak Muhammad Basalamah yang tertabrak sepeda motor ketika beliau menjajakan dagangannya. Karena beliau sudah sepuh, tulangnya retak dan butuh pertolongan ke lab dan rumah sakit. Alhamdulillah ambulans Al-Irsyad bisa membantu urusan untuk pertolongan pertama yang cepat ke rumah sakit,” terangnya.  

Warga yang meminta bantuan ambulans, lanjut Luthfan, berasal dari berbagai kalangan. “Untuk perawatan ambulans ini kami melakukan subsidi silang, artinya jika pasien yang menggunakan ambulan ini diharapkan mau berinfaq sukarela. Sedangkan warga miskin dan dhuafa tidak kami kenakan biaya sedikit pun, bahkan kita tambahkan bantuan dari dana hasil subsidi silang tersebut, plus infaq dan sedekah dari Laznas Al-Irsyad,” tandasnya. Dia berharap kehadiran ambulans benar-benar dapat bermanfaat bagi pelayanan warga secara optimal.*