Suatu hari Rasulullah SAW memerintahkan sahabat dan ummat muslim untuk bersedekah di jalan Allah SWT. Saat itu Umar Bin Khattab berkata dalam hatinya, “Saat ini aku memiliki harta. Jika suatu saat aku dapat melebihi Abu Bakar, maka inilah saatnya.” Umar Bin Khattab pun pulang ke rumah dengan gembira, lalu ia pun membagi dua hartanya yang ada di rumah. Setengahnya ia berikan kepada keluarganya dan setengahnya lagi diserahkan kepada Rasulullah SAW untuk dibelenjakan di jalan Allah SWT.

Rasulullah SAW berkata, “Wahai Umar, adakah yang kamu tinggalkan untuk keluargamu?” Umar Bin Khattab pun menjawab, “Ada ya Rasulullah.”

Nabi bertanya lagi, “Apa yang kamu tinggalkan?” Umar Bin Khattab kembali menjawab, “Saya tinggalkan untuk mereka setengah dari harta saya.”

Kemudian, datanglah Abu Bakar RA, dengan membawa seluruh hartanya. Rasulullah SAW bertanya kepadanya, “Wahai Abu Bakar, apa yang kamu tinggalkan untuk keluargamu?”

Abu Bakar pun menjawab, “Saya tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya.”

Melihat hal ini, Umar berkata “Saya tidak akan pernah bisa mengalahkan Abu Bakar.”

Sahabat teladan orang-orang mulia seperti dalam kisah Umar bin khattab dan Abu bakar yang saling berlomba dalam amal shaleh merupakan perilaku yang sangat dicintai oleh Allah SWT.

Kisah yang tadi telah dijelaskan terjadi  menjelang perang Tabuk. Pada saat itu, Nabi memberi anjuran untuk bersedekah secara khusus. Dan sahabat dengan kemampuan yang berbeda mengumpulkan harta mereka untuk di sedekahkan di jalan Allah SWT dengan penuh semangat.  

Sahabat LAZNAS Al Irsyad dari kisah tersebut ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil, dimana banyak hal baik yang bisa kita lakukan, salah satunya dengan bersedekah. Berlomba-lomba dalam bersedekah di jalan Allah SWT merupakan perilaku yang sangat di cintai oleh Rasullullah SAW dan Allah SWT. Maka dari itu marilah kita terus mengamalkan setiap perintah yang dicintai oleh Allah SWT, seperti bersedekah. Dengan kisah tersebut, kita dapat mengambil contoh untuk selalu bersemangat dalam bersedakah ataupun melaksanakan perintah lainnya.