Hari Arafah merupakan hari yang terbaik dari hari-hari yang ada, hari diijabahnya do’a manusia, hari dimana semua amal shalih sangat dicintai oleh Allah SWT, dan hari dimana puasanya menghapus dosa setahun lalu dan setahun yang akan datang.

Imam Nawawi Rahimullah mengatakan dihari tersebut sangat baik untuk memperbanyak dzikir dan do’a serta bersungguh-sungguh dalam melakukannya, karena hari Arafah merupakan hari yang paling utama sepanjang tahun untuk berdo’a. Jangan sia-siakan kesempatan yang hanya datang satu kali dalam setahun ini, maka isi dengan aktivitas sahabat dengan kegiatan yang bermanfaat.

Hari yang sangat didambakan ini memiliki berbagai keistimewaan, berikut adalah keistimewaan hari Arafah :

  1. Hari Dimana Allah SWT Membebaskan Manusia dari Neraka

Aisyah ra meriwayatkan bahwa Nabi SAW “Tidak ada hari dimana Allah SWT membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah, dan sungguh dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para malaikat dan berkata : Apa yang mereka inginkan? (HR. Muslim No.1348).

2. Do’a di Hari Arafah adalah Do’a Terbaik

Abdullah bin Amr ra meriwayatkan dari Nabi SAW “Sebaik-baik do’a adalah do’a hari Arafah, dan sebaik-baik ucapan yang aku dan para nabi sebelumku adalah La ilaha illah wahdahu la syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wahuwa ‘ala kulli syaiim qadir.” ( HR. at-Tirmidzi No. 3585).

3. Puasa di Hari Arafah Memiliki Keutamaan Besar

Puasa di hari Arafah akan menghapus dosa kita selama dua tahun yaitu pada satu tahun lalu dan satu tahun depan, hal ini berdasarkan hadis Abu Qatadah ra yang mana Rasulullah SAW bersabda : “Puasa hari arafah aku harapkan dari Allah SWT bisa menghapuskan disa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya” (HR.Muslim No.1162).

Sahabat LAZNAS Al Irsyad itu tadi beberapa dalil yang menunjukkan keistimewaan dari hari Arafah, ini merupakan kesempatan bagi umat muslim untuk memperbanyak do’a dan dzikir agar mendapatkan keistimewaan dari hari Arafah. Mari kita raih keistimewaan tersebut untuk bekal kita di akhirat nanti.