Sahabat LAZNAS Al Irsyad, bulan juli terasa sangat istimewa karena pada salah satu harinya diperingati sebagai Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya.  Diperingatinya Hari Anak Nasional sebagai upaya bersama mengkampanyekan pemenuhan hak dan perlindungan anak Indonesia, hak-hak tersebut seperti hak atas hidup, pendidikan dan berbagai hak lainnya.

Berbicara tentang hak anak, masih banyak anak di Indonesia yang belum mendapatkan pendidikan selayaknya teman seusia mereka. Hal ini diakibatkan perekonomian orang tua yang kurang mampu sehingga banyak hak mereka yang tidak terpenuhi. Selain itu, banyak anak yang menjadi yatim di usia mereka yang terbilang muda, dimana sosok ayah sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan dan hak seorang anak.

Sahabat LAZNAS Al-Irsyad, sebentar lagi kita akan menyambut bulan Muharram yang mana merupakan salah satu bulan penting dari empat bulan suci lainnya. Di bulan ini umat muslim akan mendapatkan banyak pahala apabila dapat mengisinya dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat dan sangat dicintai oleh Allah SWT, salah satunya dengan menyantuni anak yatim. Anak sebagai asset penting kemajuan bangsa juga sumber pahala bagi mereka yang memberikan perhatian serta hak bagi anak-anak terutama anak yatim.

Rasulullah SAW menggambarkan mereka yang menyantuni anak yatim dalam sebuah hadis yang berbunyi : “Aku dan orang yang memelihara anak yatim itu akan masuk surga seperti ini.” Nabi memberi isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengah dan merenggang keduanya (HR. Bukhari).

Kami mengajak sahabat semua untuk bersama memperhatikan anak-anak sesuai dengan slogan Hari Anak Nasional Tahun 2022 yaitu “Anak Terlindungi Indonesia Maju” terutama mereka anak-anak yatim yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT. Insya Allah dengan memuliakan anak-anak yatim maka akan Allah SWT berikan pahala untuk kita.