Sedekah membawa berkah, kalimat itulah yang diucapkan Sri Rohayati yang biasa disapa Sri ini. Wanita berusia 41 tahun itu merupakan pemilik warung Brebes Pesona Dua Putri, satu-satunya bangunan yang selamat dari kobaran api di Simpung Golf, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Sungguh suatu keajaiban yang patut di syukuri ole Ibu Sri karena warungnya dapat selamat disaat api telah menghanguskan rumah milik 133 kepala keluarga dan 398 jiwa terdampak, bangunan milik Ibu Sri ini tetap berdiri kokoh.

Saat kejadian, Zaini saudaranya sedang melayani pelanggan hingga akhirnya ia mendengar teriakan warga dan melihat kepulan asap dari belakang. Dengan cepat ia menyelamatkan diri beserta keluarganya. Setelah berada di lokasi yang cukup aman bersama para relawan yang telah membantu, Zaini sangat terkejut setelah beberapa lama usai pendinginan api, ia melihat konidisi warung tempatnya berjualan masih utuh dan tidak habis terbakar seperti rumah lainnya. Kabar tersebut ia sampaikan kepada Sri selaku pemilik warung yang sedang berada di kampungnya, Brebes. Menurutnya, kobaran api tidak menghanguskan warung milik saudaranya karena mukjizat dari Allah atas sedekah Ibu Sri selama ini yang tidak pernah putus. Setiap Jum’atnya ia selalu memberikan makanan dan minuman gratis kepada mereka yang kurang mampu.

Sedekah yang Tidak Pernah Putus

Sri menceritakan bahwa sudah lama keluarganya melakukan aksi “Jum’at Berkah” dengan memberikan makanan dan minuman gratis. Selain itu beliau juga bergabung dalam salah satu komunitas dan menjadi donatur pada komunitas tersebut, disana ia selalu memberi sedekah berupa uang ketika memiliki rezeki lebih.

Sejak kecil ia selalu diajarkan oleh kedua orang tuanya untuk berbagi, sehingga ia sudah terbiasa bersedekah meski terkadang dirinya juga sedang kesulitan. Terkadang kerugian tetap dialami oleh Sri, namun begitu ia yakin bahwa Allah SWT akan menggantinya dengan hal baik lainnya.

Dari Ibu Sri Kita Belajar

Sahabat LAZNAS Al-Irsyad, ada banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari kisah ini. Sedekah dapat menjauhkanmu dari marabahaya seperti yang Allah janjikan, saat kita sering bersedekah kepada Allah maka akan Allah ganti dengan berbagai bentuk. Salah satunya yang dialami oleh Ibu Sri, Warung tempat ia mencari nafkah selama ini menjadi satu-satunya bangunan yang selamat dari kobaran api.

Jum’at merupakan hari dengan yang memiliki banyak keutamaan dan keberkahan, pada hari itulah Ibu Sri menjalankan aksi sedekahnya dengan berbagi pada mereka yang  membutuhkan. Mari kita ikuti jejak penuh kebaikan yang rutin dilakukan oleh Ibu Sri, Insyallah akan ada banyak keberkahan yang akan kita raih.