Alhamdulillah pada Rabu, 6 Juli 2022 LAZNAS Al Irsyad bersama Da’wah Wanita Al Irsyad melaksanakan Bakti Sosial di Panti Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Sudagaran, Banyumas. Kegiatan ini mengambil tema “Bahagiakan Masa Tua Mereka” yang diikuti oleh 35 lansia.

Acara dibuka oleh pembawa acara yang merupakan pegawai dari dinas sosial, beliau menyambut kehadiran tim LAZNAS Al Irsyad dan Da’wah Wanita Al Irsyad dengan ucapan terima kasih. Setelah itu, pimpinan Dinas Sosial Ibu Ningrum menyampaikan sedikit cerita tentang kondisi para lansia disana. Sebelum itu ucapan syukur dan terima kasih tidak henti disampaikan, “Terima kasih atas kehadiran LAZNAS Al Irsyad dan Da’wah Wanita Al Irsyad membawa kebahagiaan tersendiri bagi kami, kami sangat bersyukur karena banyak dari kalian mau melihat mbah putri dan mbah kakung disini, mereka sangat senang dengan kehadiran kalian.” Ibu Ningrum sedikit bercerita bahwa tidak sedikit ksedihan mereka alami saat menerima para lansia untuk tinggal bersama mereka, banyak diantaranya dibuang oleh anak sendiri, diusir dengan cara yang tidak layak. Tidak sedikit dari peserta yang hadir meneteskan air mata, melihat kondisi mbah kakung dan mbah putri tetap tegar menghadapi keadaan mereka. Menutup sambutan beliau menyampaikan agar harus menghormati kedua orang tua kita bagaimana pun keadaannya nanti, karena dulu mereka telah dengan sabar merawat kita.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh pimpinan Da’wah Wanita Al Irsyad yaitu Ibu Rodiyah, hanya sedikit kata yang terucap namun sangat menyentuh hati hadirin yang datang, “Kami nanti akan seperti Mbah Kakung dan Mbah Putri disini, di usia yang sudah lanjut kita hanya perlu mempersiapkan bekal untuk di akhirat nanti, tidak apa-apa harus tinggal disini berkumpul dengan teman-teman karena yang terpenting adalah ketika kita pulang nanti Allah SWT berikan khusnul khotimah bagi kita”.

Solikhin Salam selaku tim dari LAZNAS Al Irsyad, mengucapkan banyak terima kasih atas pelajaran yang diterima pada hari ini, Mbah Kakung dan Mbah Putri mengajarkan kita untuk terus bersyukur dengan kondisi yang diberikan oleh Allah SWT. Sebelum berkeliling panti, kegiatan ditutup dengan berdo’a bersama yang dipimpin oleh Solikhin Salam.

Tim LAZNAS Al Irsyad dan Da’wah Wanita Al-Irsyad diajak berkeliling panti melihat para lansia lainnya. 33 lansia tidak dapat mengikuti kegiatan karena sakit dan 10 diantaranya adalah ODJG, mereka terlihat sangat ceria menyambut kedatangan kami, ucapan terima kasih terus disampaikan dan bahkan banyak diantara mereka menangis.

Sahabat LAZNAS Al Irsyad, kegiatan pada hari ini memberikan banyak pelajaran bagi kita yang mana kita harus menghormati kedua orang tua, karena merekalah yang telah merawat kita dulu. Bahkan berkata “ah” saja tidak diperbolehkan apalagi menelantarkan orang tua, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangimu.

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.” (QS. Al Isra: 23)

Kami ucapkan Jazzakumullahu Khairan Katsiran kepada para dermawan yang sudah menyalurkan zakat dan sedekahnya untuk kami kelola, semoga Allah SWT menggantinya dengan rizki yang berlipat, Aamiin ya Rabbal Allamin.