Sahabat LAZNAS Al Irsyad, Idul Adha akan segera tiba! Alhamdulillah kita sudah benar-benar dekat dengan hari penuh bahagia itu. Dan pada hari itu hampir semua umat Islam dapat merasakan kelezatan hewan kurban. Tetapi, sahabat semua kadang ada rasa khawatir menghampiri kita dimana kita harus tetap menjaga agar tubuh kita tetap sehat, dikhawatirkan akan menyebabkan kolestrol akibat mengonsumsi daging merah terlalu banyak. Berikut kami sajikan tips sehat yang dapat sahabat lakukan selama Idul Adha  

  1. Jangan Memakan Daging Sebelum Tidur

Tips yang pertama adalah agar kita tidak memakan daging sebelum tidur, karena hal ini akan menyebabkan kualitas tidur menurun. Baiknya, konsumsilah daging 2-3 jam sebelum tidur. Hal ini tidak hanya berlaku pada daging, namun seluruh makanan bahwa kita tidak boleh mengkonsumsi makanan sebelum tidur karena selain bisa mengakibatkan kegemukkan juga menyebabkan penyakit pada lambung.

2. Hindari Makanan Pedas

Selanjutnya adalah menghindari makanan pedas, sahabat dapat memilih makanan yang tidak terlalu pedas atau lebih baik tidak pedas karena ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas akan menyebabkan gangguan pada pencernaan dan itu akan sangat mengganggu saat hari rata Idul Adha. Maka dari itu pilihlah daging kurban yang dimasak tidak terlalu pedas, sehingga sahabat bisa menjaga kesehatan tubuh.

3. Kombinasikan Dengan Sayur

Saat kita banyak mengonsumsi daging kita perlu menyeimbangkannya dengan mengonsumsi sayur-sayuran. Sayur-sayuran sangat baik untuk tubuh kita dan pada saat Idul Adha dapat menjadi penetralisir saat kita banyak mengonsumsi daging.

4. Pisahkan Lemak Daging

Sahabat adalah hal yang sangat penting sebelum kita mengonsumsi daging yaitu memisahkan lemak daging. Dengan memisahkan lemak daging yang tertempel pada daging yang akan dimasak tentu akan membantu kita dalam menjaga kesehatan karena lemak daging memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

5. Perbanyak Minum Air Putih

Tips terakhir yang dapat membantu sahabat untuk tetap sehat di hari raya Idul Adha adalah dengan memperbanyak minum air putih. Air putih dikenal sangat baik untuk tubuh kita dan ketika kita memakan daging nanti dapat membantu mendorong sisa makanan sehingga tidak menyebabkan sembelit.

Sahabat LAZNAS Al Irsyad itu tadi sedikit tips untuk menjaga kesehatan tubuh kita di hari raya Idul Adha, semoga kelima tips tersebut dapat bermanfaat dan membantu. Sebelumnya kami selaku crew LAZNAS Al Irsyad Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H, semoga selalu diberi keberkahan dan kemudahan oleh Allah SWT.