Sahabat LAZNAS Al-Irsyad, perintah berzakat secara jelas diwajibkan bagi kita yang mampu. Dengan menunaikan zakat tidak akan membuat kita jatuh miskin, justru orang yang berzakat akan ditambah rezekinya dan hartanya jadi lebih berkah. Tidak hanya memiliki keutamaan untuk harta, zakat juga mampu menghapus dosa dan melindungi dari panas di hari kiamat nanti.

Dari berbagai penjelasan yang ada, setidaknya ada beberapa manfaat dan keutamaan zakat diambil dari Kitab Sahih Fiqih Sunnah.

  1. Sifat Penghuni Surga

Menunaikan zakat adalah salah satu sifat orang-orang yang taat dan penghuni surga, sebagaimana firman Allah SWT dalam al-Qur’an :

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada di dalaman taman-taman (Jannah) dan di mata air-mata air, sambil mengambil apa yang diberikan kepada mereka oleh Rabb mereka. Sesungguhnya mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat baik. Mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan diakhir-akhir mereka memohon ampun kepada (Allah). Dan pada harta-harta mereka ada hak orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian”(QS-Adz-Dzariyat ayat 15-19).

2. Mendapatkan Rahmat Allah SWT

Sahabat, ketika kita mengeluarkan zakat berati kita telah menggambarkan sifat kaum mukminin dimana memiliki hal untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT. Hal ini pun tercantum dalam firman Allah SWT :

Dan orang-orang beriman, lelaki dan perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong sebagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mncegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat kepada Allah  dan rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah.” (QS.At-Taubah ayat 71).

3. Menghapus Kesalahan

Sahabat, dengan berzakat dapat menghapuskan dosa dan kesalahan. Dari Mu’adz bin Jabal, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Sedekah dapat memadamkan kesalahan sebagaimana air dapat memadamkan api” (HR. Tirmidzi no.609).

4. Membantu Orang Fakir dari Kemiskinan

Seperti yang tercantum dalam kitab Al-Fiqih Al Islami Wa Adilatuhu disebutkan bahwa zakat dapat membantu orang-orang fakir dan orang yang membutuhkan. Dengan menggandeng tangan mereka untuk memulai usaha baru serta semangat baru jika mereka orang-orang yang mampu. Dan membantu mereka menjalani hidup yang mulia jika mereka orang-orang yang lemah. Zakat melindungi masyarakat dari penyakit kemiskinan dan melindungi negara dari kemerosotan serta kelemahan.

5. Bentuk Mensyukuri Harta

Selain membersihkan harta dengan berzakat adalah sebagai bentuk kita mensyukuri harta yang dimiliki, selain menyadarkan diri bahwa harta yang dimiliki hanya titipan dengan menyalurkan zakat merupakan ungkapan syukur akan nikmat harta yang dimiliki.

Sahabat semua, dengan berzakat kita telah menunaikan kewajiban kita sebagai umat muslim dan bentuk kebaikan kita kepada sesama umat muslim. Sangat dicintai oleh Allah SWT orang-orang yang selalu berusaha untuk berzakat, berinfak dan bersedekah.

Disebutkan dalam satu riwayat dari Utsmamn bin ‘Affan, bahwa beliau berkata “….Demi Allah, satu dirham yang diinfakkan oleh seseorang dngan bersusah pahaya itu lebih baik dari 10.000 dirham orang kaya yang jauh lebih sedikir dibandingkan dengan hartanya yang berlimpah.

Mari bersama menunaikan kawajiban berzakat dan menolong sesama dan semoga kita dijadikan sebagai hamba Allah SWT yang dermawan serta senantiasa diberkahi dan dilindungi Allah SWT dari berbagai kesulitan dan musibah.