Sahabat LAZNAS Al Irsyad, tidak terasa penghujung akhir tahun akan menyapa kita karena bulan Muharram telah menanti. Tahukah sahabat mengapa bulan Muharram disebut dengan bulan Muharram? Kami mengajak sahabat semua untuk lebih dekat untuk mengenal bulan Muharraam yang merupakan bulan dengan berbagai macam keutamaan serta  amalan-amalan penting.

Muharram berasal dari kata haram yang berarti suci atau terlarang. Disebut sebagai bulan terlarang, karena bulan ini pada zaman dahulu dilarang untuk berperang dan membunuh.

Pada zaman dahulu belum ada penamaan di tahun Hijriah, orang-orang Arab sebelum dan setelah masa Nabi Muhammad SAW belum memiliki angka tahun maupun penamaan bulan. Agar mempermudah orang-orang pada saat itu, mereka menjadikan peristiwa besar yang terjadi di tahun tersebut sebagai patokan untuk penamaan tahun.

Sebagai contoh adalah tahun Gajah yaitu lahirnya Rasulullah SAW, alasan dinamakan tahun Gajah yaitu karena pada tahun tersebut ada peristiwa besar, dimana pasukan gajah yang di pimpin Abrahah hendak menghancurkan Ka’bah. Maka jadilah tahun tersebut dinamakan sebagai tahun Gajah.

Zaman Khalifah Umar bin Khattab muncul sebuah permasalahan yang sangat serius dimasa pemerintahannya. Tahun yang tidak berangka menjadikan para pejabat mendapatkan berbagai kesulitan, seperti yang diadukan oleh Gubernur Basrah Abu Musa Al Asy’ari kepada Umar bi Khattab.

Khalifah Umar bin Khattab pun menjawab keluhan dari Abu Musa dengan menetapkan kalender Islam yang dimulai dari tahun hijrahnya  Rasulullah SAW, sehingga pada akhirnya disebutlah sebagai kalender Hijriyah.

Usai menetapkan kalender Hijriyah berdasarkan dengan hijrahnya Rasulullah SAW, bulan Muharram ditetapkan sebagai bulan pertama di tahun Hijrah. Hal ini merupakan usulan dari Utsman bin Affan karena bulan Muharram selalu dianggap pertama oleh orang-orang Arab.

Sahabat LAZNAS Al Irsyad, perlu kita ketahui pula bahwa bulan Muharram adalah bulan dimana keputusan hijrah ke Madinah ditetapkan setelah terjadinya Baiat Aqabah II di bulaln Dzulhijjah.

Sejak saat itu bulan Muharram ditetapkan sebagai bulan pertama di kalender Hijriyah atau tahun baru Islam oleh umat Islam.

Alhamdulillah itu tadi sedikit kisah tentang bulan Muharram, semoga dengan sedikit pengetahuan ini dapat bermanfaat bagi Sahabat LAZNAS Al Irsyad. Mari kita sambut bulan Muharram dengan penuh semangat untuk terus beribadah kepada Allah SWT.