Kesalahan dan dosa merupakan hal yang tidak kita pungkiri pernah dilakukan, ada saja hal yang mendorong kita terjerembab dalam dosa. Namun, Allah SWT dengan sifat Maha Kasih-Nya yang sangat luas, memberikan banyak jalan untuk kita manusia yang kadang khilaf ini untuk memperoleh pengampunan.

Salah satu jalan yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pengampunan dari Allah SWT adalah dengan melakukan sedekah. Iya sedekah, satu hal yang sederhana namun kadang sangat sulit untuk dilakukan tetapi malah memberikan banyak kebermanfaatan bahkan pengampunan dari sang Maha Kuasa.

Dilansir dari Fatwa Dar Iftaa Mesir, Syekh Ahmed menyebutkan bahwa sedekah dapat menghapus dosa. Sesuai dengan firman Allah SWT :

Sesungguhnya, perbuatan baik menghapus perbuatan buruk.” (QS. Hud ;114)

Beliau menjelaskan bahwa perbuatan baik memang dapat menghapus dosa-dosa kecil, salah satunya dengan bersedekah seperti memberi makan orang miskin. Selain itu kita tetap berusaha pula dengan terus memohon ampunan kepada Allah SWT sembari menunaikan sedekah. Karena segala sesuatu yang mengantarkan kita kepada pahala dari Nya, merupakan upaya kita untuk melunasi perbuatan buruk dan Allah SWT Maha pengampun, Maha penyayang.

Sahabat, sedekah memang dapat dilakuakan kapan saja dan dimana saja, namun ada satu hari yang sangat dianjurkan untuk menunaikan sedekah yaitu hari Jum’at. Banyak keutamaan yang dapat diraih dengan bersedekah di hari Jum’at yakni setiap hari Jum’at para malaikat melaporkan segala amal perbuatan yang telah dikerjakan. Dengan bersedekah pada hari Jum’at dapat menghapus maupun meringankan dosa yang telah diperbuat. Imam Syafi’i menyampaikan tentang keajaiban bersedekah di hari Jum’at.

Perbanyaklah bersedkah sebagai amalan hari Jum’at. Sedekah bisa berupa uang, makana, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah, karena Allah SWT akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah, Nabi SAW bersabda “Dan hari Jum’at pahala bersedekah dilipatgandakan”. (Imam as-Syafi’I, al-Umm, Juz 1 Hal. 239).

Masyallah Sahabat, kita berniat untuk menghapus kesalahan yang pernah dilakukan dengan bersedekah justru Allah janjikan dengan rizki yang berlipat, sungguh besar kasih sayang Allah SWT kepada kita hamba-Nya.

Sahabat LAZNAS Al Irsyad, mari bantu saudara kita diluar sana yang membutuhkan dengan bersedekah, karena selain membantu mereka kita juga berusaha untuk mendapatkan pengampuna Allah atas dosa kita dengan bersedekah terutama di hari penuh dengan kebaikan yaitu Hari Jum’at, Jangan tunda dirimu untuk meraih pahala sedekah di Jum’at berkah.