Tim Medis Laznas Al-Irsyad hari ini (17/10) berkunjung ke Desa Loru, Desa yang bersebelahan dengan desa Petobo. Lokasi ini menjadi salah satu titik pengungsi dari Desa Petobo. Desa yang hancur akibat Gempa dan likuifaksi.

Tim Medis berhenti di salah satu gubuk tempat warga berkumpul, dilanjutkan menyapa ibu-ibu yang sedang menimang anak-anaknya. Dewi, Tina, dan Nia sebagai bagian dari Tim Medis Laznas Al-Irsyad langsung menawarkan pelayanan medis. Antusias mereka sangat tinggi untuk menerima pelayanan medis yang diberikan. Warga akhirnya harus mengantri untuk mendapatkan pelayanan medis.

Seperti di posko-posko yang dikunjungi sebelumnya, keluhan warga kebanyakan adalah gatal-gatal dan sakit kepala. Tina dan Nia memeriksa tensi darah ibu-ibu yang mengalami sakit kepala dan pusing. Selepas pemeriksaan, Dewi memberikan obat kepada warga.

Saat pelayanan medis berlangsung. Lukman, Mus’ab dan Awaludin selaku relawan yang mengantarkan tim medis, membagikan biskuit kepada anak-anak.  Tidak kurang 30 anak berbaris tertib mengantri untuk menerima biskuit yang dibagikan.

Selain pemberian biskuit, Trauma Healing juga diberikan kepada anak-anak tadi. Mereka diajak untuk melakukan permainan ular naga, ampar-ampar pisang, dan permainan tradisional lainnya. Canda dan tawa yang memecah suasana ternyata mampu mengundang anak-anak lain untuk keluar dari tenda dan bergabung bermain bersama tim Laznas. Anak-anak yang sebelumnya tidur beratapkan terpal itu rehat dari rasa traumanya, dan berganti dengan rasa riang dan senang.