Sahabat LAZNAS Al-Irsyad, kita mengetahui betul bahwa bulan Muharram merupakan bulan yang penuh dengan keistimewaan. Salah satunya dengan pahala berlipat ganda bagi segala amal dan perbuatan baik yang kita lakukan di bulan Muharram.

Ada beberapa amalan-amalan yang dapat kita lakukan di bulan Muharram dengan tujuan untuk meraih ridho dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berikut adalah amalan-amalan yang dapat kita lakukan di bulan Muharram :

  1. Memperbanyak Puasa Sunnah

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadis :

Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa di Bulan Allah yaitu bulan Muharram” (HR. Muslim).

Berpuasa di bulan Muharram memberikan kita pahala yaitu berpuasa satu hari setara dengan puasa selama tiga puluh hari. Hal ini disebutkan oleh Al Hafiz Ibnu Hajar bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Barang siapa yang berpuasa di akhir bulan Dzulhijjah dan di awal bulan Muharram, Allah akan menjadikannya penebus dosa selama lima puluh tahun. Dan puasa satu hari di bulan Muharram sama dengan puasa tiga puluh hari”.

Dengan memperbanyal puasa Sunnah, akan memberikan banyak manfaat yang luar biasa bagi kita yang melaksanakannya. Di antara manfaat puasa Sunnah adalah membuat jiwa lebih kuat dan mampu menahan hawa nafsu untuk berbuat keburukan.

2. Puasa Tasu’a

Puasa Tasu’a adalah puasa Sunnah yang dilakukan dalam salah satu hari di bulan Muharram. Puasa ini biasa dilakukan satu hari sebelum puasa Asyura tepatnya pada tanggal 9 Muharram.

Seandainya aku masih hidup tahun depan, sungguh aku akan berpuasa pada tanggal 9 Muharram” (HR. Muslim No.1253).

3. Puasa Asyura

“..Bahwasanya Rasulullah SAW berpuasa pada hari raya Asyura..” (HR.Bukhari dan Muslim No.1251).

Setelah puasa Tasu’a,salah satu puasa Sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan muharram yaitu puasa Asyura, yang mana puasa tersebut dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram.

Keutamaan puasa Asyura, dijelaskan dalam hadis yang diriwayatkan Abu Qatdah RA, bahwa Rasulullah SAW : “Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharram) menghapuskan dosa setahun yang lepas (HR. Muslim).

4. Berbuat Amalan Shalih dan Jauhi Maksiat

“…Maka janganlah kalian menzhalimi diri kalian..” (QS. At-Taubah : 36).

  Di bulan yang sangat dicintai oleh Allah SWT, maka perbanyaklah diri kita untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang penuh manfaat dan sangat dicintai oleh Allah SWT. Salah satu kegiatan yang sangat dicintai Allah SWT adalah bersedekah, terutama ketika sedekah tersebut dibagikan kepada dhuafa dan anak yatim, tentunya jika dilakukan maka akan ada banyak pahala yang diterima oleh kita.

Sahabat LAZNAS Al-Irsyad shalat Sunnah Asyura memiliki berbagai keutamaan, diantaranya kita akan diberikan kenikmatan saat ajal nanti, diberikan keberkahan dalam hidup, dan pahala ibadah yang setara dengan penduduk 7 lapis langit.

Mari kita sambut bulan Muharram dengan mengerjakan amalan-amalan terbaik yang insyallah akan memberikan pahala serta keberkahan bagi kita semua, Aamiin ya rabbal Allamin.