Amalan hari Jum’at merupakan amalan yang memiliki berbagai keutamaan.Dalam banyak riwayat dikatakan tentang keutamaan hari Jum’at. Amalan-amalan dilakukan pada hari itu memiliki nilai tinggi di sisi Allah SWT. Keistimewaan hari Jum’at disampaikan pula oleh Rasulullah melalui hadis berikut :

Hari paling baik dimana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jum’at, pada hari itu Adam di ciptakan, dan pada hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surge, serta diturunkan dari surge, pagi hari itu juga kiamat akan terjadi, pada hari tersebut terdapat suatu waktu dimana tidaklah seorang mukmin shalat menghadap Allah mengharapkan kebaikan kecuali Allah akan mengabulkan permintaannya” (HR. Muslim).

Dari hadis tersebut dapat kita ketahui betapa istimewanya hari Jum’at. Sehingga Nabi SAW pun mengatakan jika seorang mukmin shalatdan mengharap kebaikan pada hari itu, pasti Allah SWT mengabulkannya.

Kapanpun waktu beribadah itu baik sahabat, namun ada amalan tertentu yang sangat dianjurkan untuk dilakukan khusus di hari Jum’at saja. Mari sambut pagimu dengan mengerjakan amalan-amalan ini di hari Jum’at.

  1. Membaca surah Al-Kahfi

Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah” (HR.Ad-Darimi).

2. Membaca surah As-Sajadah dan Surah Al-Insan

Semasa hidupnya, Rasulullah SAW biasa membaca surah pada hari Jum’at diantaranya yang sering dibaca beliau adalah surah As-Sajadah dan surah A-Insan. ‘alaihi wa sallam

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca pada shalat Shubuh pada hari Jum’at “Alam Tanzil…” (Surah As-Sajdah” pada rakaat pertama dan “Hal ataa ‘alal insaani hiinum minad dahri lam yakun syai-am madzkuro” (HR Muslim No.880).

3. Membersihkan diri pada Hari Jumat

Seperti ibadah lainnya, membersihkan diri semakasimal mungkin juga terhitung ibadah yang mulia. Hadis ini menunjukkan pentingnya membersihkan diri pada hari Jum’at.

Imam Nawawi rahimullah mengatakan, “Imam Syafii dan para ulama Mazhab Syafiiyah rahimullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari jum’at” (Al-Majmu Syarh Al-Muhadzab 1:287).

4. Shalat Dhuha

Shalat dhuha merupakan shalat Sunnah yang dilakukan di pagi hari. Sebagian ulama mengatakan bahwa waktu dhuha itu sekitar lima belas menit setelah matahari terbit.

Shalat dhuhah dikerjakan minimal dua rakaat, jumlah rakaat shalat dhuha maksimal dua belas rakaat.

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu, ia mendengar rasulullah bersabda,

Pada pagi hari, setiap ruas tulang salah seorang di antara kalian itu ada sedekahnya. Maka setiap tasbih (ucapan subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (ucapan Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (ucapan laa ilaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (ucapan Allahu Akbar) adalah sedekah, memerintahkan kebaikan adalah sedekah, melarang dari kemungkaran adalah sedekah, dan mencukupkan dari semua itu adalah dua rakaat shalat dhuha”. (HR Muslim No.720)

5. Bershalawat kepada Nabi SAW

Membaca sholawat yaitu pujian terhadap Rasulullah Muhammad SAW.

Perbanyaklah shalwat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti”. (HR. Al-Baihaqi 3 :249).

Sahabat LAZNAS Al-Irsyad itu tadi amalan yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan di hari Jum’at. Tentunya amalan tersebut dapat memberikan kebermanfaatan bagi kita serta pahala. Mari sambut pagimu di hari Jum’at dengan amalan-amalan penuh berkah ini.