Keutamaan Kurban

Ibadah kurban di syariatkan pada tahun ketiga hijriyah, bersamaan dengan pensyariatan zakat dan sholat hari raya. Allah SWT telah mensyariatkan pelaksanaan kurban melalui firman-Nya pada surah al-Kautsar 1-3 :

Artinya: “Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah salat karena Tuhanmu, dan berqurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Berkurban merupakan amalan utama, sebab berkurban dilaksanakan pada hari yang istimewa, yaitu pada hari raya Idul Adha dan Hari Tasyrik. Berkurban memiliki keutamaan yang tidak jauh berbeda dengan haji, karena merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Dari Aisyah ra, Rasulullah bersabda : “Tidak ada suatu amalan pun yang dilakukan oleh manusia pada hari raya Kurban yang lebih dicintai Allah SWT dari menyembelih hewan Kurban. Sesungguhnya hewan Kurban itu kelak pada hari kiamat akan datang beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan sesungguhnya sebelum darah Kurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) Kurban itu.” (HR Tirmidzi).

Berkurban memiliki banyak keutamaan yang terkandung di dalamnya. Namun tahukah sahabat semua, ada kurban yang jauh lebih utama. Yaitu kurban bersama anak-anak yatim dan dhuafa.

Kenapa berkurban menjadi lebih utama? Sebab jika kita melaksanakan kurban bersama yatim dan dhuafa kita akan mendapatkan 3 keutamaan sekaligus. Keutamaan-keutamaan tersebut antara lain :

  1. Mendapatkan pahala melaksanakan kurban

Sebagaimana pahala ibadah wajib, kita juga mendapatkan pahala yang lebih besar lagi. Banyaknya pahala yang didapat oleh orang yang berkurban diumpakan seperti banyaknya bulu dari hewan yang disembelih. Ini merupakan gambaran betapa besarnya pahala yang akan didapat oleh orang yang berkurban. Sebagaimana sabda Rasulullah : “Pada tiap-tiap lembar bulunya itu akan memperoleh (pahala) satu kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

2. Dapat membahagiakan anak yatim dan dhuafa

Dengan berkurban bersama yatim dan dhuafa, sahabat juga bisa membahagiakan anak-anak yatim serta para dhuafa. Karena nantinya kurban akan menjadi keceriaan bagi mereka yang menantinya.

3. Mendapatkan kebaikan do’a anak-anak yatim dan dhuafa

Dengan berkurban bersama yatim dan dhuafa kita juga akan mendapatkan do’a dari anak yatim serta dhuafa. Do’a mereka adalah doa yang mustajab dan didengar oleh Allah. Dengan di do’akan oleh anak-anak yatim dan dhuafa, insyallah kurban kita diterima oleh Allah SWT dan kita kan mendapatkan keberkahannya.

Sahabat,itu tadi 3 keuatamaan yang dapat kita raih dengan berkurban bersama yatim dan dhuafa. Maka dari itu kami mengajak sahabat semua untuk gabung bersama LAZNAS Al Irsyad melalui program kurban nusantara dengan menyalurkan daging kurbanmu untuk para yatim dan dhuafa di nusantara. Mudahkan kurbanmu untuk disalurkan ke nusantara dengan pilihan sebagai berikut :

Luar Jawa

  1. Sapi     : 16 Juta (1/7) atau (300 Kg)
  2. Domba   : 2,5 Juta (28-30 Kg)

Jawa

  1. Sapi     : 3 Juta (1/7) atau (300-320 Kg)
  2. Domba : 2,5 Juta (28-30 Kg)

Mari bersama LAZNAS Al Irsyad tebar kurban Nusantara yang Mudah, Amanah, Tambah Barokah. Insyallah bersama kami akan memudahkan sahabat semua untuk menyalurkan kurban pada yatim dan dhufa di nusantara.