Surabaya–Laznas Al-Irsyad sejak awal selalu berusaha komitmen dan memberikan perhatiannya pada dunia pendidikan, khususnya pendidikan berbasis Islam. Ketika dalam masa-masa pandemi Covid-19 dunia pendidikan ikut terimbas karenanya, Laznas Al-Irsyad berupaya memberikan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang perlu diperhatikan.

Laznas Al-Irsyad Cabang Surabaya menginisiasi pemberian beasiswa bagi siswa-siswi sekolah dari keluarga kurang mampu atau dhuafa. Salah satu sekolah Dasar (SD) yang sebagian muridnya berasal dari kalangan dhuafa adalah SD Islam Mufidah di Jl. Kalimas Udik I C-1, Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur.

 Setelah melalui penjajakan dan kunjungan ke lokasi sekolah, pengurus Laznas Al-Irsyad Surabaya akhirnya memutuskan untuk membantu beberapa muridnya yang benar-benar mengalami masalah ekonomi sehingga tidak dapat membayar biaya SPP setiap bulannya.

 “Alhamdulillah hari ini (Senin, 14/3/2022, red.) kami menandatangani kerjasama kesepahaman atau MoU dengan pihak sekolah untuk membiayai SPP beberapa siswa yang tidak mampu membayarnya,” ujar Ketua Laznas Al-Irsyad Surabaya, Fathi Bahadiq.

Menurut Fathi, para siswa itu diberikan beasiswa berupa pelunasan SPP selama satu tahun penuh. Tercatat ada 13 murid yang mendapatkan beasiswa ini. “Kita bantu anak-anak yang kesulitan dalam pembiayaannya. Karena ini tidak hanya berdampak pada anak saja, namun juga berdampak pada kesejahteraan guru,” terangnya.

Kepala SD Islam Mufidah, Masruri, berterima kasih atas kerjasama dan kesepakatan ini. “Murid-murid ini kesulitan dalam membayar SPP karena pendapatan orang tua mereka menurun jauh akibat pandemi, meski kini sudah melandai. Banyak dari mereka yang akhirnya menunggak pembayaran berbulan-bulan hingga terancam putus sekolah,” ungkapnya.

Masruri berharap dengan adanya bantuan pendidikan ini, proses KBM akan berjalan lancar tanpa harus tersendat oleh keterbatasan pembiayaan.*