Cirebon, 22 Januari 2022 – Hujan deras sepanjang sore hingga malam hari yang mengguyur kawasan Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Jumat (21/1/2022) menyebabkan banjir.
Aliran sungai Ciberes yang meluap menambah besarnya tumpahan banjir di kawasan tersebut. Laznas Al-Irsyad yang mengetahui informasi banjir dari berbagai sumber langsung melakukan aksi cepat tanggap bencana.

Beberapa relawan kemanusiaan Al-Irsyad malam itu juga turun ke lokasi bencana dengan membawa bantuan tenaga untuk menolong para korban. Kedalaman air banjir di lokasi kejadian dari setengah meter hingga dua meter. Daerah yang terimbas banjir antara lain kawasan Desa Mekarsari, Gunungsari, dan Karangsari di Kecamatan Waled Kab. Cirebon.

Relawan berikutnya membawakan bantuan logistik berupa beberapa karung beras, puluhan dus mie instan dan makanan ringan siap santap yang didrop di dua posko dan dapur umum di desa Mekarsari dan Gunungsari.

“Alhamdulillah tim gabungan Laznas Al-irsyad Cirebon yang semalam (Jumat—red.) diguyur hujan hingga menyebabkan banjir, membawa ratusan nasi bungkus siap saji langsung ke rumah-rumah warga yang memilih bertahan dan minim logistik,” kata Koordinator Aksi Relawan Laznas Al-Irsyad Luthfan Basalamah.

Karena masyarakat terdampak banjir masih ada yang bertahan di kediamannya, dan sebagian lainnya berada di posko-posko, dia berharap bantuan dari pemerintah maupun lembaga-lembaga kemanusiaan segera tiba. “Kami mengajak para donator untuk menyalurkan bantuannya untuk para korban seperti makanan siap saji, logistik, dan obat-obatan,” tandasnya.*


Layanan Transfer Zakat
Bank Syariah Indonesia
a.n. Laznas Al Irsyad Zakat
735 725 7152

Layanan Transfer Infak Sedekah
Bank Syariah Indonesia
a.n. Laznas Al Irsyad
715 725 7352

Layanan Transfer Donasi Kemanusiaan
Bank Syariah Indonesia
a.n. Laznas Al Irsyad Kemanusiaan
715 735 7551
⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀
Informasi : 0811 2829 289